Proses Komputer

Pertanyaan :
1. Apa itu Booting?apa sajakah jenis” nya?
2. Jelaskan perbedaan ROM dan RAM!
3. Bagaimana cara menghidupkan Komputer?+ gambar
4. Apa Perbedaan Re-Start dan Sleep?
5. Bagaimana Prosedur mematikan komputer dengan baik dan benar,+gambar?

Jawaban :

1. booting adalah proses pemasukan arus listrik kedalam peralatan komputer sehingga komputer dapat berkomunikasi dengan pengguna.,booting terbagi 2,yaitu cold booting dan warm booting,cold booting adalah proses menghidupkan komputer saat komputer dalam keadaan mati (dingin),sedangkan warm booting adalah proses booting saat komp dalam keadaan hidup.

2. RAM umumnya dalam besaran Megabyte dan Gigabyte dengan kecepatan yang diukur dalam nanodetik dan chip dari RAM dapat membaca data lebih cepat dibandingkan ROM. Untuk definisi ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang mempunyai jenis yang hanya bisa dibaca, tidak bisa diisi atau ditulisi data. Jika akan melakukan pengisian data, memerlukan proses khusus untuk mengisinya. Jadi, dilihat dari definisinya, perbedaan RAM dan ROM yaitu jika ROM tidak bisa diisi dan ditulisi data sewaktu-waktu, mengisi data memerlukan proses khusus. Dan biasanya ROM ini diisi oleh pabrik yang membuatnya. Berbeda dengan RAM yang bisa diisi dan ditulisi data kapan saja. Lalu kemudian perbedaan lainnya adalah isi ROM (informasi, data,
progam) tidak mudah hilang dan bersifat permanen, tidak mudah hilang disaat komputer dimatikan atau mendadak mati. Sedangkan isi RAM akan mudah hilang apalagi disaat komputer mendadak mati atau dimatikan.

3. A. pastikan komp telah terhubung dengan listrik ,dan semua komponen terpasang dengan benar.

B. Tekan Tombol Power di CPU.

C. Setelah itu akan terjadi proses booting, yaitu proses suatu komputer mendeteksi hard disk, floppy disk drive, CD -Room dan CPU (memory, clock, RAM dan lain sebagainya).

D. Setelah selesai akan desktop.Pada tahap inilah,komputer siap digunakan dan anda dapat menggunakan aplikasi sesuai dengan kebutuhan.

4. Sleep :Komputer akan tertidur saat anda menggunakan tombol Sleep, windows akan menyimpan semua aktifitas di dalam RAM dan berjalan dengan Power yang sangat kecil dan dapat dihidupkan dalam beberapa detik saja. Sleep bisa berjalan jika masih ada battere dan jika batterenya mau habis maka komputer akan bangun dan masuk ke Hibernate mengcopy semua aktifitas RAM ke dalam Hardisk.

Sleep :jika anda memilih tombol ini maka komputer akan di matikan (secara Shutdown) kemudian dihidupkan kembali.

5. Prosedur mematikan Komputer :
A.tekan tombol Start.

B.Tekan tombol Shutdown/turn off computer.

C.Matikan monitor.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s